BERITA NASIONAL
Friday, 05 August 2022
Indra Karya Terlibat sebagai Supervisi Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Bintang Bano

Jakarta (05/8) - Komitmen Kementerian PUPR dalam pengembangan Sumber Daya Air, khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat tinggi. Setelah kemarin dilakukan peresmian Bendungan Bintang Bano, dimana Indra Karya terlibat sebagai Konsultan Konstruksi dalam pengerjaan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan, detail desain, kajian AMDAL, serta sertifikasi desain hingga pekerjaan supervisi konstruksi, kali ini Indra Karya terlibat dalam pekerjaan Supervisi Konstruksi Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Bintang Bano yang dibagi menjadi 4 paket fisik pekerjaan. Indra Karya terlibat pada paket 3 (Terowong) dan Paket 4 (Outlet Terowong) yang berlokasi di Dusun Seloto Kecamatan Taliwang dan Dusun Loka Kecamatan Seteluk (Paket III) serta Dusun Loka Kecamatan Seteluk dan Dusun Senayan Kecamatan Pototano (paket IV). 

Indra Karya sebagai BUMN Konsultan Engineering terintegrasi, berkontribusi sebagai Supervisi Kontruksi dengan lingkup kegiatan pekerjaan supervisi ini antara lain pengawasan pekerjaan saluran utama, bangunan irigasi dan bangunan penunjang lainnya serta bertugas menjaga kualitas dari pelaksanaan pekerjaan melalui pengawasan di lapangan. Pembangunan Jaringan Irigasi D.I Bintang Bano ini merupakan bagian dari Bendungan Bintang Bano yang berfungsi sebagai pengendalian banjir pada Kabupaten Sumbawa Barat dan memiliki manfaat yang strategis untuk masyarakat sekitar yakni irigasi lahan pertanian dan pemenuhan kebutuhan air baku. 

Pembangunan Jaringan Irigasi Daerah Irigasi Bintang Bano yang telah dilaksanakan sejak tahun 2020 dan direncanakan selesai pada tahun 2023 mendatang, saat ini telah mencapai progress pekerjaan Konsultan Supervisi sebesar 64.51%, dan tengah memasuki tahapan pengerjaan terowong saluran primer. Sedangkan untuk progress fisik telah mencapai 33.225 % (Paket III) dan 47.199 % (Paket IV) hingga Juli 2022. Secara umum, progress pembangunan Jaringan Irigasi D.I Bintang Bano ini telah berjalan sesuai dengan yang diharapkan dengan kualitas dan progress pekerjaan yang dicapai sangat baik. Pencapaian target pekerjaan dan kualitas pekerjaan ini tentunya tidak terlepas dari konsistensi dan peran serta dari kapasitas masing-masing pihak melalui kolaborasi antara kontraktor dan konsultan.

Dengan terlibatnya PT Indra Karya (Persero) melalui Engineering I Division dalam pekerjaan ini, diharapkan dapat menyelesaikan pekerjaan secara berkualitas, sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, tepat waktu, dalam batasan biaya yang tersedia, dan diselenggarakan secara tertib administrasi. Selamat bekerja dan berkarya bagi Tim Engineering Indra Karya, semoga lancar dan membawa manfaat untuk masyarakat luas khususnya lokasi sasaran dimaksud.

Dibaca 33
Visitor :
4.9K
Total
796
This Month
28
Today
PT INDRA KARYA (PERSERO) ENGINEERING, DEVELOPER AND INDUSTRY
HK Tower Lantai 9 Jl. Biru Laut X Kav.9 Cawang Jakarta 13340 Indonesia - Tlp:+6221 8192636
eppid@indrakarya.co.id