BERITA PERUSAHAAN
Monday, 05 September 2022
Dukung Produktifitas UMKM, Indra Karya Beri Bantuan Prasarana UMKM

Kepulauan Seribu – PT Indra Karya (Persero) melalui Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan bekerja sama dengan menyerahkan bantuan berupa peralatan kerja kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu pada Sabtu (3/9) kemarin. Penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Gok Ari Joso Simamora, Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Syaripudin, Kepala Suku Dinas Kabupaten Administrasi Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Sujanto Bidiroso, Kapolsek Kecamatan Seribu Selatan AKP. Wisnu Wardana, Lurah Kelurahan Pulau Tidung Hafsah dan beberapa perwakilan dari para UMKM. 

Bantuan Peralatan sarana prasarana produksi berupa mesin jahit diserahkan kepada 5 Kelompok Usaha Mikro yang ada di Pulau Tidung. Bantuan ini merupakan satu rangkaian dari kegiatan pengembangan UMKM yang masuk dalam program Pengembangan dan Peningkatan Ekonomi Kreatif.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero), Gok Ari Joso Simamora menyampaikan bahwa penyaluran bantuan mesin jahit ini merupakan bentuk keterlibatan Indra Karya yang bertujuan untuk mendukung pelaksanaan operasional atau produk UMKM agar dapat dilaksanakan dengan maksimal dan mendukung upaya Pemerintah dalam meningkatkan aktivitas perekonomian lewat pemberdayaan UMKM. 

“Tidak hanya sebatas bantuan saja, tetapi dari hulu hingga ke hilir kita dampingi, jadi hulunya apa yang dibutuhkan seperti fasilitas di bidang sarana dan prasarana kemudian dari hilir kita dampingi dan kita bina di bidang SDMnya yang kita berikan pelatihan-pelatihan seperti bagaimana mengelola usaha tersebut dengan baik. Sehingga apa yang kita berikan sekarang ini adalah untuk meningkatkan produktifitas daripada UMKM yang ada di Pulau Tidung. Bantuan ini juga merupakan tindaklanjut dari pembinaan beberapa waktu lalu, sehingga dilanjutkan dengan pemberian fasilitas berupa alat produksi kepada pelaku UMKM yang ada di Pulau Tidung,” Ujar Gok Ari. 

Diawali dengan pelatihan yang sudah dilakukan sebelumnya pada 30 pelaku UMKM dari 5 kelompok, dimaksudkan agar ada peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam rangka pengembangan UMKM. Selanjutnya secara lebih mendalam kelompok tersebut fokus pada pengelolaan dan pemanfaatan limbah plastik menjadi kerajinan berupa tas, tempat tisu, keranjang buah dan lain sebagainya yang ditingkatkan melalui bimbingan khusus dalam rangka meningkatkan keunggulan produk yang kompetitif. Tahapan terakhir dari Rangkaian kegiatan pengembangan Usaha UMKM adalah diadakannya bazaar UMKM khususnya yang menggeluti di bidang kerajinan dengan bahan dasar limbah plastik. 

Lurah Kelurahan Pulau Tidung, Hafsah menyampaikan apresiasi kepada Indra Karya sekaligus meminta jajaran Dharma Wanita di tingkat Kelurahan untuk dapat mengoptimalkan monitoring dan evaluasi bantuan yang diberikan sehingga dapat mendorong kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan UMKM.

"Atas nama pemerintah dan warga Pulau Tidung, kami mengucapkan terima kasih kepada BUMN dan PT Indra Karya atas bantuan yang di berikan. Bantuan berupa vokasi pelatihan bagi UMKM dan Perangkat jahit untuk jahit bahan dari limbah plastik ini sangat membantu bagi UMKM di Pulau Seribu ini. Bantuan ini akan kamu jaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi guna menunjang pertumbuhan ekonomi khususnya di Pulau Tidung Kabupaten Kepulauan Seribu DKI Jakarta ini," tutur Hafsah melalui keterangannya.

Selain penyerahan bantuan sarana UMKM, acara ini juga diisi dengan pelatihan, diskusi usaha serta bazaar bagi UMKM di wilayah Pulau Tidung yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dan Dharma Wanita Persatuan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. 

Dibaca 77
Visitor :
5.6K
Total
528
This Month
28
Today
PT INDRA KARYA (PERSERO) ENGINEERING, DEVELOPER AND INDUSTRY
HK Tower Lantai 9 Jl. Biru Laut X Kav.9 Cawang Jakarta 13340 Indonesia - Tlp:+6221 8192636
eppid@indrakarya.co.id